~ SuperTechno ~

Mengupas Ilmiah Technolgy dan Syariat

MENGENAL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN)

Posted by akhiridwan pada November 23, 2006

Prinsip kerja PLTN, pada dasarnya sama dengan pembangkit listrik konvensional, yaitu : air diuapkan di dalam suatu ketel melalui pembakaran. Uang yang dihasilkan dialirkan ke turbin yang akan bergerak apabila ada tekanan uap. Perputaran turbin digunakan untuk menggerakkan generator, sehingga menghasilkan tenaga listrik. Perbedaannya pada pembangkit listrik konvensional bahan bakar untuk menghasilkan panas menggunakan bahan bakar fosil seperti : batu bara, minyak dan gas. Dampak dari pembakaran bahan bakar fosil ini, akan mengeluarkan karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (S02) dan nitrogen oksida (Nox), serta debu yang mengandung logam berat. Sisa pembakaran tersebut akan teremisikan ke udara dan berpotensi mencemari lingkungan hidup, yang bias menimbulkan hujan asam dan peningkatan suhu global. Sedangkan pada PLTN panas yang akan digunakan untuk menghasilkan uap yang sama, dihasilkan dari reaksi pembelahan inti bahan fisil (uranium) dalam reaktor nuklir. Sebagai pemindah panas biasa digunakan air yang disalurkan secara terus menerus selama PLTN beroperasi. Proses pembangkit yang menggunakan bahan bakar uranium ini tidak melepaskan partikel sperti C02, S02, atau Nox, juga tidak mengeluarkan asap atau debu yang mengandung logam berat yang dilepas ke lingkungan. Oleh karena itu PLTN merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Limbah radioaktif yang dihasilkan dari pengoperasian LTN, adalah berupa elemen bakar bekas dalam bentuk padat. Elemen bakar bekas ini untuk sementara bias disimpan di lokasi PLTN, sebelum dilakukan penyimpanan secara lestari.

Keselamatan Terpasang :
Keselamatan terpasang dirancang berdasarkan sifat-sifat alamiah air dan uranium. Bila suhu dalam teras reaktor naik, jumlah neutron yang tidak tertangkap maupun yang tidak mengalami proses perlambatan akan bertambah, sehingga reaksi pembelahan berkurang. Akibatnya panas yang dihasilkan juga berkurang. Sifat ini akan menjamin bahwa teras reaktor tidak akan rusak walaupun sistem kendali gagal beroperasi.

Penghalang Ganda :
PLTN mempunyai sistem pengamanan yang ketat dan berlapis-lapis, sehingga kemungkinan terjadi kecelakaan maupun akibat yang ditimbulkan sangat kecil. Sebagai contoh, zat radioaktif yang dihasilkan selama reaksi pembelahan inti uranium sebagian besar (>90%) akan tetap tersimpan di dalam matriks bahan bakar, yang berfungsi sebagai penghalang pertama. Selama operasi maupun jika terjadi kecelakaan, selongsong bahan bakar, akan berperan sebagai penghalang kedua untuk mencegah terlepasnya zat radioaktif tersebut keluar kelongsong. Kalau zat radioaktif masih dapat keluar dari dalam kelongsong, masih ada penghalang ketiga yaitu sistem pendingin. Lepas dari sistem pendingin, masih ada penghalang keempat berupa bejana tekan terbuat dari baja dengan tebal + 20cm. Penghalang kelima adalah perisai beton dengan tebal 1,5 – 2m. Bila saja zat radioaktif itu masih ada yg lolos dari perisai beton, masih ada penghalang keenam, yaitu sistim pengukung yang terdiri dari pelat baja setebal + 7cm
dan beton setebal 1.5 – 2m yang kedap udara.

Pertahanan Berlapis :
Disain keselamatan suatu PLTN menganut falsafah pertahanan berlapis (defence in depth). Pertahanan berlapis ini meliputi :

Lapisan keselamatan pertama, PLTN dirancang, dibangun dan diperasikan sesuai dengan ketentuan yang sangat ketat, mutu yg tinggi dan teknologi mutakhir.
Lapisan keselamatan kedua, PLTN dilengkapi dengan sistem pengamanan/ keselamatan yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi akibat-akibat dari kecelakaan yang mungkin dapat terjadi selama umur PLTN.
Keselamatan ketiga, PLTN dilengkapi dengan sistim pengamanan tambahan, yang dapat diandalkan untuk dapat mengatasi kecelakaan hipotesis, atau kecelakaan terparah yang diperkirakan dapat terjadi pada suatu PLTN. Namun kecelakaan tersebut kemungkinannya tidak akan pernah terjadi selama umur PLTN.

Limbah Radioaktif :
Selama operasi PLTN, pencemaran yang disebabkan oleh zat radioaktif terhadap lingkungan dapat dikatakan tidak ada. Air laut atau sungai yang dipergunakan untuk membawa panas dari kondensor sama sekali tidak mengandung zat radioaktif, karena tidak bercampur dengan air pendingin yang bersirkulasi di dalam reaktor. Sedangkan gas radioaktif yang dapat keluar dari sistem reaktor tetap terkungkung di dalam sistem pengungkung PLTN dan sudah melalui sistem ventilasi dengan filter yang berlapis-lapis. Gas yang dilepas melalui cerobong aktivitasnya sangat kecil (sekitar 2 milicurie/tahun) sehingga tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan.

====>>>
Sumber : Bidang promosi
Pusat Diseminasi Iptek Nuklir-BATAN
Diambil dari Majalah Pengetahuan Teknologi Populer MEDIA KITA-BATAN

About these ads

46 Tanggapan to “MENGENAL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN)”

  1. bahtiar said

    wah … sangar :)

  2. sigit said

    Apa tidal ada alternatif lain, teknologi ini cuma dikuasai oleh negara maju maka di Indonesia PLTN dimiliki oleh asing

  3. ady Rahmansyah said

    Menurut saya nuklir itu sangat hebat

  4. rey_pro_nuklir said

    kalo aku si…nuklir itu adalah energi alternatif yang paling bagus dan paling tepat buat indonesia yang lagi krisis energi(makanya jg takut ama nuklir karena nuklir itu bermanfaat untuk maksud yang baik..)….viva nuklir…viva indonesia………….Semoga PLTN di indonesia cepat-cepat dibangun, biar g ada lagi pemadaman–pemadaman bergilir gitchu..he…he…..

  5. Widiyanto said

    Sudah saatnya indonesia mempunyai PLTN untuk mengatasi masalah kekurangan energi dan penghematan akan minyak, gas, batubara untuk pembangkit listrik yang ada sekarang.

  6. Anggoro S said

    Saya dari Mesin Brawijaya Malang Jawa Timur ingin memberikan komentar Tenaga Nuklir itu bahan bakar alternatif yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi/penggunaan, klo bisa digunakan pada kendaraan bermotor, OK

  7. minori said

    saya mahasiswa teknik elektro kalo bukan karena tugas mungkin saya ga tau seluk beluk PLTN lebih banyak ternyata banyak banget yang perlu diketahui. thengkyu!!!!

  8. suryadi said

    saya sangat setuju dengan rencana pemerintah terhadap pembangunan pltn, selama itu tidak menimbulkan dampak pencemaran terhadap lingkungan dan untuk keperluan sumber energi

  9. zur said

    pltn????????????????? wah ga kalah dong ma paman sam

  10. irfan ngeh said

    emang bisa indonesia bangun pltn?

  11. taufik said

    ntar amerika marah lho

  12. giet said

    PLTN pokoke harus dibangun di Indonesia. Aku heran ama ahli2 nuklir Indonesia yang anti PLTN!mending jangan sekolah ahli nuklir klo gak setuju dibangun.percuma gelarnya. tul gak? Mereka selalu komentar Indonesia kaya akan sumber alam yang belum dimanfaatkan maksimal. Menurutku percuma kita kaya sumber daya alam klo banyak di ekspor(gas alam)! mungkin pejabat yg tandatangan kontrak gak bisa memprediksi beberapa tahun kedepan klo kebutuhan dalam negeri akan sumber daya alam makin besar. memang mudah meratifikasi kontrak?….

  13. eko said

    Nuklir….ehm,jelas anti dong.sebab dari jaman nenek moyang mpe sekarang tidak pernah ada yang berani pastiin ni barang aman. bahkan orang yang pro nuklir skalipun jauh dari lubuk hatinya merasa tidak aman. buktinya orang batan maupun yg bekerja dgn nuklir, pasti suruh buat keturunan dulu,kwatir ntar dak beranak..hehehe….

  14. pujisapta said

    nuklir??? wah bisa jadi jalan masuk buat menjajah indonesia neeh. ilmu cuma seadanya kan lebih gampang dikibulin

  15. rusydi said

    Kita pasti bisa bangun PLTN untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, Ayo para ahli nuklir jangan berdiam diri.

  16. hadi irfani said

    PLTN.. keren oi….
    memang setiap kerjaan ada akibat yang harus jadi konsekuensi atas pelaksanaannya.. tapi kalo emang dah direncanain dengan matang.. knp g??
    lagian biasanya orang kita cuma ikut2an demo aja, padahal pas udah jalan lalu di konsumsi.. dia pasti bakal ikut juga…
    emang siapa seh yang g demen punya pembangkit listrik yang handal…

    kalo saya sendiri seh… SALUT aja ma pemerintah yang dah mau ngupayain PLTN…

    itung2.. kapan lagi kita ngerasain listrik jarang mati.. dan boleh konsumsi agak banyakan dikit dari biasa….

    soal resiko tenang aja…. semua dah direncanain dengan matang kok

    • betul sekali kita harus mempunyai PLTN karena PLTN merupakan sumber devisa yang paling besar di seluruh dunia ><<<<<<< dan asalkan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan …….

  17. septi_ardian said

    rakyat indonesia lebih banyak protesnya daripada berfikirnya…..

    saya sangat mendukung PLTN ini…..kalo gagal berarti kan belum rezeki nya pemerintah…..

    semoga ga ada unsur KKN dalam pembangunan PLTN ini ya……

  18. STOP NUCLEAR said

    KALIAN BIKIN BUMI MAKIN PANAS!!!!

    PAYAH!!!!!

  19. ageng said

    PLTN diIndonesia emang bisa????????????
    tapi kalo bisa boleh juga tuhhhh….

  20. hendri said

    tingkatkan dulu ilmu agamanya, ilmu nuklirnya, gajinya, keamanan dan pengamanan, berantas dulu korupsinya (ntar bahan bakar nuklir diambil dibawa kerumah buat masak menggunakan kompor bertenaga nuklir he he….)

  21. maman said

    hidup PLTN …….
    maju terus…pantang mundur..
    tak ada yang bisa maju tanpa pengorbanan

  22. metnet said

    PLTN bagus untuk Indonesia

  23. benhur said

    indonesia harus bergerak cepat mengembangkan teknologi berbahan bakar energi nuklir….sebelum keburu habis dan terjadi krisis lagi kayak minyak bumi dan batu bara

  24. diaz, said

    JANGAN PARNO DONK…

    bt loo pada yg parno n ngasi kmentar yg kga jelas soal nklir, lbh bk jngan coment deh…nuklir sngat aman kok…sdah jelas bngat dri pnjlsannya…

    nuklir adlah tnga alterntif yg sngat aman n tdak mmbuat polusi..soal pnngan limbah n radiasi Gw rsa pmrintah udah pkrin msak-mask sblum wcna ini dangkt k’publik..
    jdi,jngan khawtir deh….

    JANGAN DATANG BAWAH MASALAH N KRITIKAN PEDAS AJA DONK, tp BAWAH JGA SOLUSI YANG TERBAIK….

    jangan qta jdi porang yg suka protes,tp saat d’tnya pndpat qita untuk khdup bangsa,qika malah diam and suka ngeles kaga jelas….

    gw dukung pembangunan PLTN di Indonesia…krna perlu…agar ngara ini tidak kekurangn listrik and punya kebanggaan di mata dunia spt iran..,irak,cina,india,pakistan..walaupun mrka ngra kcil,ttp krn teknologi yg tinggi mrka tidak d’pandang sebelah mata oleh negara ADIDAYA, bhkan dihormati

  25. kenny said

    menurut saya kenapa indonesia tidak mencari lebih banyak lagi “bibit-bibit insinyur nuklir” kan di Indonesia ini banyak anak anak pintar yang tertarik dengan nuklir….

    saran saya sebaiknya pengarahan tantang nukilr lebih diintensifkan karena tenaga masa depan adalah nuklir…(menurut saya,jika dilihat dari minyak bumi dan batu bara juga gas yg sudah mau habis.)

  26. Andri said

    semuanya tergantung pada manusianya.jika ingin negara ini makmur ya mestinya semuanya harus mendukung!

  27. ayahlawe said

    PLTN itu yang gue tunggu2
    kita sudah krisis listrik, BBM mahal, mati nyala byar pet..
    energi nuklir adalah alternatif yang tepat, bahkan sangat tepat.
    kenapa harus ribut nyoalin radiasi, takut meledak. belum pernah dengar kok PLTN meledak kayak bom atom.
    lagian teknologi nuklir sekarang sudah aman gak kayak jaman rusia dulu….
    wis ndang dibangun… hidup nuklir….

  28. go..nuclear said

    tinggalkan batubara dan sumber listrik tak terbarukan.. pindah ke nuklir yang ramah lingkungan, walaupun ada radioaktif yg kita tinggalan. namun itu lebih baik daripada polusi udara or efek rumah kaca yg merusak ozon.. nuklir, yes !

  29. boleh-boleh aja energi nuklir di buat tapi harus jaga lingkungan .jangan seperti lapindo rakyat sekitar jadi korban

  30. Sudah Ada said

    :) kawan2 saya usul: gak usah ribut setuju atau tidak PLTN. Karena, PLTN sudah ada di Indonesia-di Serpong. Tanya deh orang BATAN. Wong tinggal tambah generator tok…

    Apa beda MESIN PEMOTONG RUMPUT dan MESIN di MOTOR ? cuma belum dihubungkan ke rantai dan ban saja… Begitu pula dengan yang di Serpong…

    Kapasitas bisa 1000 MWatt…

  31. Wajib said

    Copy paste nih !

    http://www.batan.go.id/mediakita/current/mediakita.php?group=Advertorial&artikel=adv1

  32. Sangat bagus kalau Indonesia punya PLN tenaga nuklir.
    salam.
    By writer of Hajji Book:
    40 Hari Di Tanah Suci
    Thank you

  33. Nuclear for a better Indonesia!

  34. Raja Tega said

    PLTN adalah solusi konkrit dalam mengatasi masalah krisis engeri indonesia. Alangkah lebih baiknya jika pemerintah mulai membuat program kearah itu. Karena seperti kita tau bahwa sumber daya alam indonesia yang sangat kaya ini juga akan tetap habis. Jadi ada hal yang kita wariskan buat anak cucu kita nanti. selain sumber daya alam yang tetap lesatari, kebutuhan engeri kita juga tercukupi. Silahkan pemerintah berpikir kesana. Jangan pedulikan fatwa haram dari semua organisasi keagamaan yang mengatakan PLTN itu haram. karena PLTN tidak mengandung babi. Bravo…

  35. gonuklir said

    sudah seharusnya indonesia membangun pltn atau pembangkit nuklir.

  36. Zulkarnain The Engginering said

    “HABISLAH GELAP TERBITLAH TERANG”…….:-)

  37. zainul mustofa said

    yg anti nuklir tu anti kemapanan.

    lht smua negara maju.! mana yg g pake’ PLTN guna mengefisiensikan potensi nuklir yg ada krna memang dinilai hemat. lagian dari pd uranium dbkin atomicbom kan lbih bijak jika digunakan utk melayani masyarakat.

    bwat yg anti nuclear, cba blajar dri pohon singkong milik kluarga kamu, mereka lbih paham manfaat reaksi fusi pada matahari

    iya toh

  38. jumaidi kartiko said

    ternyata anggapan banyak orang bahwa nuklir itu membahayakan ketika di gunakan utk pembangkit banyak yang kliru..tetapi apabila terjadi seperti cernobyl banyak menhantu banyak fikiran kita…tetapi bila di jabarkan seperti di atas dgn sistem pemuai panas shingga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil untuk pemuaian panas..hal yg menakutkan pun bisa menjadi sesuatu yg memiliki nilai ekonomis tinggi…

  39. mey said

    PLTN…….memang seharusnya segera dioperasikan…………dimasyarakatkn…………jgn cuma dgembor2kan doank,,,,,,,,,,,,butuh tindakan nyata & cepat,,,,,,!!!!

  40. Bambang jeger said

    PLTN…ujutin dong jgn cuma ngomong aj,,,

  41. orva said

    menurutku…nulir asal dg tujuan baik kenapa tidak IRAN saja yg di kecam dunia mampu kok .apalagi NEGRI ZIONIS ISRAEL….mereka tak segan segan menggunakan untuk tujuan jahat…..
    Bangun saja PLTN Biar kita juga di segani oleh bangsa asing
    biar ga di kira cuma bisa Buat onde onde saja sama bakso….
    Hidup tukang baksooooooooooooo
    xixixixxxxxxxxxxxxxiiiiiii

  42. motilembo said

    Ada suatu yg pasti terjadi yakni kelangkaan bahkan habisnya sumber energi dari fosil yg mengakibatkan terhentinya aktifitas kehidupan manusia di dunia.Kira2 demikian fakta extrimnya.Sementara manusia butuh energi utk menopang kehidupan.Suatu yang pasti terjadi,pemekaian nuknir sbg smber energi tidak akan terelakan bagi Indonesia,entah bbrp dasawarsa kedepan. Indonesia hidup dijaman batu/gua, sementara masyarakat dunia bergelimang energi.Sudah ribuan reaktor nuklir yg dibangun didunia oleh bbrp negara.

  43. ya mengapa ko ngga di bikin nya di tengah laut biar aman ke masyarakat/penduduk lain nya

  44. arman said

    sangan luar biasa

  45. […] (http://supertechno.wordpress.com/2006/11/23/mengenal-pembangkit-listrik-tenaga-nuklir-pltn/) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: